Tips Sehat dan Cantik untuk Wanita Seksi

31 May 2011

Tips untuk Perawatan Bibir

Tidak seperti anggota tubuh lainnya, bibir hanya dilapisi kulit yang tipis, sehingga memungkinkan warna merah dari kapiler-kapiler (pembuluh/pipa rambut) di dalam dermis (lapisan kulit sebelah dalam) membayang ke luar.

Bibir merupakan alat penerima makanan yang paling awal sebelum sampai ke gigi, dan terdiri dari saraf-saraf perasa yang jumlahnya sangat banyak. Oleh sebab itu, jika kulit pelindung bibir tersebut rusak, terkelupas, pecah-pecah, atau sariawan, rasanya akan perih sekali. Bahkan, dapat mengurangi selera makan.

perawatan bibir
Kerusakan pada bibir bisa disebabkan oleh terpaan matahari, pemakaian lipstik yang salah (misal, sudah habis masa berlaku), atau karena tubuh kekurangan vitamin.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mejaga kesehatan bibir, yaitu:

Perawatan dari luar
Untuk menjaga agar bibir tetap lembut dan tidak mengelupas karena kekeringan, peliharalah bibir agar selalu lembab atau basah, baik dengan membasahinya dengan air liur atau mengolesinya dengan pelembab bibir, berupa lip gloss atau lip balm yang terbuat dari bahan-bahan alami, plus tabir surya. Gunakan pelembab ini jika Anda akan keluar rumah atau pada malam hari ketika akan tidur, terutama untuk bibir yang cepat kering.

Carilah bentuk yang praktis semacam stik, agar mudah dibawa jika kita berpergian. Lip gloss banyak tersedia tapi tanpa warna. Jika Anda ingin bayangan bibir lebih ringan, oleskan lip gloss terlebih dahulu, disusul kemudian dengan lipstik warna alami.

Jangan sesekali mengelupas kulit bibir yang mati dalam keadaan kering, karena jika terlalu keras mengelupasnya, dapat mengakibatkan luka pada bibir. Ada cara sederhana untuk menghilangkan kulit mati pada bibir, yaitu dengan menyikat bibir secara perlahan-lahan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Atau, olesi bibir dengan jeli petroleum kemudian gosok dengan lembut menggunakan waslap hangat. Setelah bersih, oleskan lip gloss. Anda akan mendapatkan bibir dengan warna alami.

Jika Anda ingin mengenakan lipstik, pilihlah yang juga mengandung pelembab, tabir surya, serta provitamin B5 yang mampu mengatasi penuaan dini di seputar bibir.

Perawatan dari dalam
Kesehatan bibir tidak bisa dipisahkan begitu saja dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika terjadi kerusakan pada bibir, bukan hanya menjadi tidak enak dipandang, tapi juga akan merasa sakit pada saat kita makan atau berbicara.

Agar kesehatan bibir terjaga (tidak sariawan, tidak pecah-pecah), para ahli kecantikan merekomendasikan agar kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mengikat atau menetralkan racun (radikal bebas) yang dihasilkan oleh proses metabolisme dalam tubuh, sehingga kerusakan jaringan tubuh dapat dikurangi. Banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, tomat, mangga, stroberi, dan buah-buahan yang berwarna kuning atau merah lainnya, serta cabai hijau dan kubis. Vitamin C membantu pembentukan kolagen yang penting untuk keelastisan kulit. Kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Cara lain menyelamatkan bibir dari keretakkan adalah menghindari makanan yang pedas dan panas, makanan bergaram (misalnya kuaci) atau buah-buahan bergetah seperti duku.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Wanita Sehat dan Seksi ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0